Kayu Batam: 4 Unsur Esensial Kayu Bagi Manusia

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang unsur terpenting kayu bagi kelangsungan hidup manusia, alangkah bijaknya jika kita mengetahui lebih dahulu apa itu kayu? Kayu merupakan salah satu bahan material yang dihasilkan pepohonan sebagai sumber daya alam. Kayu biasanya digunakan sebagai bahan mentah yang dapat diolah menjadi beragam karya yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Ada banyak jenis kayu yang terkenal dan sering digunakan oleh manusia, salah satunya adalah Kayu di Batam. Sesuai namanya kayu ini berasal dari Kota Batam yang terkenal dengan kualitas tinggi untuk diproses menjadi bahan bangunan, mebel, atau keperluan lainnya. Apa saja unsur pembentuk kayu yang sangat penting bagi manusia, mari kita simak ulasannya berikut ini!

  1. Selulosa
    Ada 70% selulosa yang terkandung dari berat kayu tertentu. Unsur ini terdiri dari zat-zat yang sangat penting bagi kehidupan manusia yaitu karbon, hidrogen, dan oksigen. Oksigen yang kita nikmati setiap hari itu berasal dari pepohonan dan manusia sangat bergantung terhadap oksigen itu untuk bernafas. Oleh sebab itu, kita tidak akan pernah mengesampingkan betapa pentingnya pohon bagi kehidupan. Manfaatkanlah kayu dari pepohonan itu dengan bijak dan legal serta jangan lupa untuk menanamnya kembali.
  2. Lignin
    Lignin dari kayu ini terdiri dari 18% sampai dengan 28%. Unsur ini merupakan unsur penting pembentuk kayu. Apa fungsi dari unsur Lignin tersebut? Sangat vital fungsinya karena dapat membentuk kayu menjadi keras dan tegak lurus. Apabila tidak termuat unsur yang satu ini, maka kayu tidak dapat digunakan untuk bahan-bahan bangunan.
  3. Bahan-Bahan Ekstrasi
    Bahan-bahan ekstrasi pada kayu, termasuk pada Kayu Batam sangat berperan dalam memberikan sifat pada kayu itu sendiri. Adanya sifat bau, timbulnya warna, rasa, dan keawetan yang berbeda-beda antara jenis kayu yang satu dengan yang lainnya itu disebabkan oleh adanya bahan-bahan ekstrasi yang terkandung dalam kayu tersebut. Disisi lain, dengan adanya bahan-bahan ekstrasi tersebut, kayu bukan hanya dimanfaatkan sebagai bahan material bangunan ataupun mebel saja, tetapi anda bisa memanfaatkan kayu dari getahnya, tannin yang dikandungnya, zat warna, minyak, lemah, malam, dan lain-lain.
  4. Mineral Pembentuk Abu
    Apabila unsur pembentuk Lignin dan Selulosa terbakar, maka akan terbentuklah mineral pembentuk abu. Mineral pembentuk abu ini dapat terbentuk mulai dari 0,2% sampai dengan 1% dari berat kayu yang terbakar. Unsur ke-empat ini masih bermanfaat juga bagi manusia karena abu tersebut dapat digunakan sebagai penyubur tanah atau bahkan sebagai alat penggosok atau pembersih alat rumah tangga (abu gosok).

Empat unsur tersebut terkandung dalam semua jenis kayu, termasuk Kayu Batam yang sangat populer itu. Apabila anda ingin memesan kayu yang berkualitas di Batam, sekarang ini sudah tersedia pemesanan secara online. Cukup dengan mengakses website, lakukan pemesanan dan tunggulah pesanan anda datang.